Makna Dibalik Lagu: Maroon 5 ~ Sugar

Lagu “Sugar” berkisah tentang seorang pria yang jatuh cinta pada seorang wanita. Wanita tersebut sepertinya terus-terusan mengacuhkan si pria dan bersikap pahit pada si pria. Sehingga dalam lagu ini, si pria meminta pada wanita pujaanya untuk memberikan sedikit saja rasa manis bagai gula terhadapnya.

Dalam keteranganya di sogfacts, Adam Levin (Vokalis Maroon 5) menjelaskan bahwa “Sugar” merupakan kata yang punya metafora atau makna tentang sikap manis dari kekasihnya. jadi lagu ini bisa dimaknai sebagai permohonan Adam pada keksihnya untuk bersikap manis terhadapnya.

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
I'm hurting, baby, I'm broken down
Aku terluka, kasih, aku hancur
I need your loving, loving, I need it now
Aku butuh kasih sayangmu, aku butuh sekarang juga
When I'm without you, I'm something weak
Saat aku tanpamu, kadang aku jadi lemah
You got me begging, begging, I'm on my knees
Kau membuatku memohon, memohon, akupun berlutut
Lagu ini berkisah tentang seorang pria yang selalu disakiti oleh wanita pujaanya. Sehingga pria tersebut seolah memohon dan meminta pada wanita pujaanya untuk tak memberikan luka, pria tersebut hanya ingin wanita itu memberikan kasih sayang saja

Pre-Chorus:
I don't wanna be needing your love
Aku tak membutuhkan cintamu
I just wanna be deep in your love
Aku hanya ingin tenggelam dalam cintamu
And it's killing me when you're away
Dan rasa ini membunuhku saat kau jauh
Ooh, baby, 'Cause I really don't care where you are
Ooh, kasih, Karena aku sungguh tak peduli dimana kau berada
I just wanna be there where you are
Aku hanya ingin ada di tempatmu berada
And I gotta get one little taste
Dan aku harus mendapatkan sedikit rasa
Pria tersebut juga bercerita dalam lirik ini bahwa ia tak ingin berada pada sebuah hubungan cinta dangkal, ia ingin hubungan percintaanya serius, sehingga ia dapat tenggelam di dalamnya. dan pria tersebut juga seolah berjanji bahwa dimanapun wanita itu berada, pria tersebut juga akan berada disampingnya. Untuk mewujudkan semua itu, sip ria hanya meminta sedikit rasa…

Chorus:
Sugar, yes please
(rasa manis) gulamu, kumohon
Won't you come and put it down on me?
Maukah kau datang dan memberikannya padaku?
I'm right here, 'cause I need
Aku di sini, karena aku butuh
Little love, a little sympathy
Sedikit cinta dan sedikit simpati
Yeah, you show me good loving, make it alright
Ya, kau menunjukkan padaku cinta terbaik, yang buat semua ini jadi baik-baik saja
Need a little sweetness in my life
Butuh sedikit rasa manis dalam hidupku
Your sugar, yes please
Gulamu, kumohon
Won't you come and put it down on me?
Maukah kau datang dan memberikannya padaku?
Pria tersebut hanya ingin meminta sedikit rasa manis gula (manisnya cinta, manisnya kasih sayang) dari wanita pujaanya. Dengan begitu, wanita pujaanya sudah menunjukan cinta terbaik dalam hidupnya. Sehigga pria tersebut seolah bertanya pada wanita pujaanya, “maukah kamu memberikan rasa manis itu pada ku?

Verse 2:
Babe, my broken pieces, you pick them up
Sayang, kepingan hancur dari diriku, kau coba punguti
Don't leave me hanging, hanging
Jangan biarkan aku tergantung, tergantung
Come give me some
Ayolah beri aku beberapa hal
When I'm without you, I'm so insecure
Saat aku tanpamu, Aku sangat gelisah
You are the one thing, one thing I'm living for
Anda adalah satu-satunya hal, satu-satunya hal yang kan ku jalani
Pria dalam lagu ini juga berkata bahwa ia hanyalah kepingan kecil, hanya butiran debu, ia merasa hancur dan satu-satunya orang yang bisa menyatukan dirinya hanyalah wanita pujaanya. Jadi dalam lirik ini, Pria itu berharap wanita pujaanya mau memberikan beberapa hal yang buatnya tak merasa hancur lagi

Bridge:
I want that red velvet
Aku ingin karpet merah
I want that sugar sweet
Aku ingin manis gulamu
Don't let nobody touch it unless that somebody's me
Jangan biarkan orang menyentuhnya kecuali orang itu adalah aku
I gotta be a man, there ain't no other way
Aku harus jadi seorang pria, Tak ada cara lain
'Cause girl you're hotter than a Southern California day
Karena kasih, kau lebih seksi daripada Pantai California selatan
Never wanna play no games, you don't gotta be afraid
Aku tak pernah main-main, kau tak perlu takut
Don't give me all that shy shit
Jangan berikan omong kosong itu
No makeup on, that's my sugar
Tanpa riasan, begitulah gulaku
Manis sebuah cinta, manis sebuah kasih sayang, manis sebuah perhatian, bagaikan gula, hanya itulah yang pria itu mau dari wanita pujaanya. Karena hanya wanita itulah yang bisa membuat hidupnya manis, ia indah bagai pantai California, tanpa riasan, tanpa sandiwara, wanita itu begitu indah menurutnya.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan memaknai keseluruhan liriknya, dapat disimpulkan bahwa lagu “Sugar” berkisah tentang seorang pria yang jatuh cinta pada seorang wanita. Wanita tersebut sepertinya terus-terusan mengacuhkan si pria dan bersikap pahit pada si pria. Sehingga dalam lagu ini, si pria meminta pada wanita pujaanya untuk memberikan sedikit saja rasa manis bagai gula terhadapnya.

Pria tersebut juga bercerita dalam lirik lagunya, bahwa ia tak ingin berada pada sebuah hubungan cinta dangkal, ia ingin hubungan percintaanya serius, sehingga ia dapat tenggelam di dalamnya. dan pria tersebut juga seolah berjanji bahwa dimanapun wanita itu berada, pria tersebut juga akan berada disampingnya. Untuk mewujudkan semua itu, si pria hanya meminta sedikit rasa,  sedikit rasa manis gula (manisnya cinta, manisnya kasih sayang) dari wanita pujaanya. Dengan begitu, wanita pujaanya sudah menunjukan cinta terbaik dalam hidupnya. Sehigga pria tersebut seolah bertanya pada wanita pujaanya, “maukah kamu memberikan rasa manis itu pada ku?

Yap yap. Manis sebuah cinta, manis sebuah kasih sayang, manis sebuah perhatian, bagaikan gula, hanya itulah yang pria itu mau dari wanita pujaanya. Karena hanya wanita itulah yang bisa membuat hidupnya manis, ia indah bagai pantai California, tanpa riasan, tanpa sandiwara, wanita itu begitu indah menurutnya.

Penutup:
kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi dan terjemahn di lirik lagu ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. JadI, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.





* Penulis lirik lagu Sugar adalah; Dr. Luke, Cirkut, Jacob Kasher, Adam Levine, Ammo & Mike Posner. Lagu ini rilis pada tanggal; 13 Januari 2015. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Maroon 5 ~ Sugar (Official Video)

Post a Comment

0 Comments